Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Terahertz therapy atau terapi terahertz

| Editor: Margo Utomo | 25 February 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:21:53Z


Terahertz therapy atau terapi terahertz adalah teknologi medis yang menggunakan gelombang elektromagnetik pada rentang frekuensi terahertz (THz) untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan.


Rentang frekuensi terahertz berkisar antara 0,1 hingga 10 terahertz, di antara frekuensi gelombang mikro dan inframerah. Terahertz therapy berpotensi mengatasi beberapa kelemahan teknologi medis lain, seperti radiasi ionisasi tinggi yang digunakan dalam terapi radiasi dan kegagalan teknologi laser untuk menembus jaringan tubuh yang lebih dalam.


Cara kerja terahertz therapy adalah dengan menembus lapisan kulit untuk mempengaruhi sel dan jaringan di bawahnya, tanpa merusak jaringan sekitar atau menyebabkan rasa sakit. Terahertz therapy diklaim memiliki efek anti-inflamasi, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi nyeri, dan mempercepat proses penyembuhan luka.


Namun, terahertz therapy masih dalam tahap penelitian dan belum diakui secara luas sebagai metode pengobatan yang efektif atau aman. Studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami manfaat dan risiko terahertz therapy secara lebih mendalam.


Apa saja manfaat Tera Hertz Therapy

Terahertz therapy adalah teknologi medis yang masih dalam tahap penelitian, sehingga manfaatnya belum sepenuhnya dipahami. Namun, beberapa studi telah menunjukkan bahwa terahertz therapy memiliki potensi untuk memberikan beberapa manfaat kesehatan, seperti:


Anti-inflamasi: Terahertz therapy dapat membantu mengurangi peradangan pada jaringan dan organ dalam tubuh.


  1. Meningkatkan sirkulasi darah: Gelombang terahertz dapat merangsang sirkulasi darah dan membantu memperbaiki suplai oksigen dan nutrisi ke sel-sel dalam tubuh.
  2. Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh: Terahertz therapy diketahui dapat merangsang aktivitas sel-sel sistem kekebalan tubuh dan membantu mengoptimalkan fungsi sistem kekebalan tubuh.
  3. Mengurangi rasa sakit: Terahertz therapy dapat membantu meredakan nyeri dan rasa sakit dengan merangsang produksi endorfin di dalam tubuh.
  4. Mempercepat penyembuhan luka: Terahertz therapy dapat merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan mempercepat proses penyembuhan luka.


Namun, manfaat terahertz therapy masih dalam tahap penelitian dan belum diakui secara luas sebagai metode pengobatan yang efektif atau aman. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya sebagai terapi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan terlebih dahulu.


Sejak kapan Tera Hertz Therapy keluar


Terahertz therapy atau terapi terahertz masih termasuk teknologi medis yang relatif baru dan masih dalam tahap pengembangan. Penelitian tentang efek terapi terahertz pada tubuh manusia dimulai pada akhir abad ke-20, tetapi baru dalam beberapa tahun terakhir ini teknologi terahertz therapy mulai dikembangkan untuk aplikasi medis.


Pada awalnya, penggunaan terahertz hanya terbatas pada penelitian di laboratorium dan pengembangan teknologi, seperti keamanan penerbangan dan deteksi bahan kimia. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan peningkatan pemahaman tentang efek gelombang terahertz pada tubuh manusia, terahertz therapy mulai dipelajari sebagai terapi potensial untuk berbagai kondisi kesehatan.


Meskipun demikian, terahertz therapy masih dalam tahap penelitian dan belum diakui secara luas sebagai metode pengobatan yang efektif atau aman. Studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami manfaat dan risiko terahertz therapy secara lebih mendalam.

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini