Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Berita Budaya: Tari Jaranan Memukau Penonton dengan Keindahan dan Energi yang Mengagumkan

| Editor: Margo Utomo | 28 May 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:21:35Z

PWDPI Jatim
 - Mojokerto, 28 Mei 2023 Dalam upaya kami untuk mengabadikan keanekaragaman budaya di Indonesia, kami dengan bangga mempersembahkan sebuah laporan tentang salah satu warisan budaya yang menakjubkan, yaitu tari Jaranan. Tari Jaranan, yang berasal dari Jawa Timur, telah menghipnotis penonton dengan keindahannya dan energi yang mengagumkan.

Tari Jaranan adalah sebuah pertunjukan tari tradisional yang melibatkan gerakan yang lincah, kostum yang berwarna-warni, dan tentu saja, atraksi menarik dengan kuda-kuda kayu yang menjadi ciri khasnya. Tarian ini memadukan unsur-unsur seni tari, musik, dan drama, menciptakan pengalaman yang luar biasa bagi para penonton.

Pada penampilan terbaru tari Jaranan, grup tari Seni kuda lumping & campursari " TIMBUL AJI JUBAH" dari sentorejo - Trowulan, Mojokerto, memukau penonton dengan kepiawaian mereka dalam menghidupkan karakter-karakter dalam cerita yang disampaikan melalui gerakan-gerakan indah. Para penari, yang terdiri dari pria, menampilkan kelincahan yang mengagumkan dengan melompat-lompat dan berputar-putar sambil memainkan kuda-kuda kayu mereka dengan penuh percaya diri.


Selain gerakan yang memukau, musik juga memainkan peran penting dalam tari Jaranan. Para musisi yang mendampingi penari menggunakan instrumen tradisional seperti gamelan, kendang, dan saron untuk menciptakan alunan musik yang memukau dan mengiringi setiap gerakan penari.

Tari Jaranan bukan hanya tentang pertunjukan yang menarik, tetapi juga memiliki nilai-nilai sosial dan budaya mendalam. Tarian ini sering kali digelar dalam rangkaian upacara adat, tasyakuran perayaan hari besar, atau acara keagamaan sebagai wujud rasa syukur dan penghormatan terhadap leluhur.

Ratna Dewi, seorang penonton yang menyaksikan pertunjukan seni tari Jaranan, mengatakan, "Saya sangat terkesan dengan keindahan dan energi yang ditampilkan oleh para penari seni kuda lumping. Tarian ini membawa saya dalam perjalanan ke masa lalu dan memberikan apresiasi yang lebih dalam terhadap kekayaan budaya kita."

Tari Jaranan tidak hanya populer di Jawa Timur, tetapi juga semakin dikenal di seluruh Indonesia bahkan di luar negeri. Pertunjukan ini telah tampil di berbagai festival seni dan budaya, memperlihatkan pesona dan keunikan budaya Indonesia kepada dunia.

Dengan pesona yang tiada tara, tari Jaranan terus memikat hati penonton dari segala usia. Keindahan gerakan, kegembiraan, dan energi yang dihadirkan oleh para penari menciptakan pengalaman yang tak terlupakan. Tari Jaranan adalah warisan budaya yang patut kita jaga dan lestarikan, 

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini