Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Hiduplah dengan Versi Terbaikmu | Ngaji Filsafat | 10 Sifat Anjing

| Editor: Margo Utomo | 14 May 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:21:43Z


NEW JURNALIS - Bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh pandangan Imam Hasan Al bashri tentang yang terbaik yang terbaik. Warisan terbaik ilmu, kalau kalian ini meninggalkan apapun peninggalan apapun entah pada anak turunmu anak cucumu anak muridmu Atau Temanmu kasih ilmu, Teman terbaik akhlak, Bekal terbaik Taqwa. Duta terbaik akal. Duta itu berarti utusan yang mewakilimu untuk mengelola kehidupanmu pasrahkan pada akal. 


Dia pintar untuk menghadapi dunia, dia yang bisa ngerti rumusan-rumusan hidup di dunia. Menteri terbaik menteri ini kan pembantu pendukung hidupmu yang terbaik apa kebijaksanaan dan kelapangan dada. Kekayaan terbaik qana'ah qana'ah itu merasa cukup, jadi bukan kuantitasnya jadi kekayaan itu akan baik untuk hidupmu bukan karena jumlahnya, tapi karena sikap mentalmu, kalau sikap mentalmu qanaah berapapun jumlah hartamu engkau orang kaya. Itu rasa cukup dalam kepemilikan. Penolong terbaik Taufik anugerah dari Allah. Pemberian Allah itu Taufik, bantuan dari Allah. Dan penasehat terbaik kematian, kalau ingat mati hatimu ndak tergetar berlatihlah lagi untuk melembutkan hatimu. 


Berarti ada tanda-tanda hatimu sedang keras karena harusnya logikanya orang itu ingat mati terus bergetar merasa bahwa hidup ini fana merasa bahwa hidup ini sementara merasa bahwa pada saatnya kematian itu akan kita alami bahkan bisa jadi sebentar lagi, itu namanya penasehat terbaik. Jadi ndak usah susah-susah Ingatkan saja terhadap kematian, kalau ada masalah besar ada problem besar orang galau orang sumpek orang stress Bilang saja ah kita ini hidup berapa lama sih, pada akhirnya juga mati dunia jangan terlalu diperhatilah itu kan maunya begitu Imam Hasan Al Basri jadi kuncinya di kematian. 


Oke ini ada yang unik Kalian kan selama ini ndak suka sama makhluk ini, Imam Hasan Al bashri belajar dari sifatnya anjing yang positif. Kamu ndak pernah belajar kamu benci terus kamu maki-maki terus. Bahkan dia jadi simbolnya Makian kan Jawa NG pakai itunya sekarang jadi R Padahal kita bisa belajar banyak


Oke Ada 10 sifatnya anjing yang menurut Imam Hasan Al Fajri bisa loh kita mengambil hikmah dari keberadaan seekor anjing. 


Yang pertama Anjing itu tidur malamnya sedikit biasanya anjing kan menjaga rumah tuannya, orang yang sanggup sedikit tidur malam itu simbolnya apa? jiwanya kuat tangguh, Kalau kita kan sedikit-sedikit tidur, kalau anjing tidurnya sedikit.


Terus sabar menemani tuannya, tidak mengeluh oleh panas atau dingin Oh itu anjing, diajak ke salju diajak lari-lari diajak kalian diajak lari pagi mungkin ya mulut-mulet Anjing itu diajak lari pagi tiap pagi yo ikut sejauh manut saja dia tidak pernah alasan Malas ah capek ah ndak ada, itu menunjukkan kesabaran disuruh apa saja mau kadang-kadang. 


Terus tidak mengkhianati amanah, dia setia dengan tugasnya makanya, sampai para polisi kan memperkerjakan Anjing saya nggak tahu gajinya berapa? satu bulan untuk melacak jejakkan dia tidak pernah bohong tidak pernah berkhianat amanahnya tugasnya itu ya itu yang dijalankan, sangat setia itu 


Pelajaran yang ketiga dari seekor anjing di pengabdian sejati, Terus ndak marah ndak iri hati sifat seorang mukmin. jadi anjing itu kamu punya dua punya tiga Anjing gak punya iri hati sama tuannya mau ngajak apa saja dia ditinggal di rumah ya ndak apa-apa, diajak Ya senang, terus karena anjing tidak rakus ya makhluk yang bisa rakus itu kan cuma manusia, kalau hewan itu ya Kalau lapar ya makan kenyang Ya sudah, ndak pernah kok mengumpul-ngumpul makanan buat yang akan datang mikir pensiun itu ndak ada. Iya hanya manusia yang mikir pensiun mikir anakku Besok makan apa itu terus, kalau hewan tidak seperti itu, tidak butuh yang lain, yang dibutuhkan hanya Allah saja kalau itu dalam dunia Sufi. 


Terus diantara cirinya anjing kalau ini anjing liar, pengembara Kayak Sufi kan juga pengembara, terus Ridho puas dengan apapun yang dimiliki. Terus mudah tidur ini beda dengan yang atas tadi Ya, bedanya mudah tidurnya, (Tidurnya ndak lama ) tapi dia mudah tidur, kalau kalian kan tidurnya susah akhirnya apa sedikit-sedikit tidur Tadi nanti habis ngaji gini nggak bisa tidur sampai jam 12.00 jam 01.00 kan gitu akhirnya tidurmu subuhnya kesiangan, Nanti di kantor di kampus yo ngantuk lagi alasannya tadi malam ngaji Pak, terus kamu kan gitu Manajemen waktunya Ndak bagus. justru mudah tidur itu bagus, asal ndak sedikit-sedikit tidur mudah tidur dan tidur sama sedikit itu dua hal yang berbeda. 


Terus fokus pada majikannya,./ terus yang terakhir mencari terang Kalau dalam gelap ini mungkin perlu dicek Saya ndak punya anjing jadi ndak bisa meneliti bener nggak dalam kegelapan dia ndak suka? lebih suka yang terang, bayangkan dari anjing saja Kita bisa belajar banyak. Apalagi dari makhluk-makhluk yang lain yang kita anggap mulia. saya ini sengaja saya ambil yang ini ya biar makhluk ini ndak kasihan tiap hari kamu maki-maki Saya kira itu kurang lebihnya mohon maaf wallahul muwafiq wallahualam Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Jurnalis / Penulis : H.Ahmad Zulfikarnain Lubis,CHt,CI.,CPEM 

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini