Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Buah Naga (Thang Loy)

| Editor: Margo Utomo | 16 June 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:21:12Z
( Sumber Poto buah naga klik dokter )

NEW JURNALIS. Jatim. Buah Naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus dari genus Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun sekarang juga dibudidayakan di Negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Vietnam dan Tiongkok, buah naga dianggap membawa berkah, karena warna merah yang sangat mencolok, di Asia buah ini dinamakan Thang Loy jika diartikan ke dalam bahasa Inggris berarti Dragon Fruit.


Dikutip dari beberapa sumber, secara morfologi, tanaman Buah Naga termasuk tanaman yang tidak lengkap karena tidak memiliki daun. Untuk beradaptasi dengan lingkungan gurun, tanaman buah naga memiliki duri di sepanjang batang dan cabangnya. Tanaman buah naga merupakan tanaman memanjat dan bersifat empifit. Ada 4 jenis buah naga, yaitu 1) Hylocereus undatus (yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih), 2) Hylocereus polyrhizus, yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah, 3) Selenicereus megalanthus, dengan kulit buah kkuning dan daging buah putih, 4) Hylocereus costaricensis, buah naga dengan warna buah yang sangat merah.


Kandungan nutrisi di dalam buah naga : 10 gram serat, 5 gram protein, 39 miligram kalsium, 42 miligran forfor, 1,2 miligram zat besi, 384 miligram kalium, 3 miligram vitamin C. Buah naga menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Penurunan kadar kolesterol dapat mengurangi risiko terjadinya penumpukan plak di arteri, yang menjadi awal dari penyakit kardiovaskuler. Antioksidan yang terkandung dalam buah dan bijinya memberi tubuh asupan asam lemak omega-2 dan omega-9, serta membantu mengurangi kolesterol total (termasuk kadar kolesterol “jahat” LDL)


Manfaat buah naga lainnya : 1) menurunkan berat badan, 2) sumber besar antioksidan dan bagus untuk detoks, 3) mencegah kanker, 4) meningkatkan sistem kekebalan tubuh, 5) mencegah diabetes militus, 6) menunda penuaan dini, 7) mengobati batuk dan asma, 8) mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung, 9) baik untuk pertumbuhan tulang dan aliran darah, 10) memperkuat tulang dan gigi, 11) baik untuk membersihkan usus, 12) mencegah peradangan, 13) menjaga ion tubuh, 14) meningkatkan stamina, 15) agar tidak mudah kram, 16) mencegah kelumpuhan otot, 17) menjaga kelembaban kulit, 18) baik untuk manula, 19) menjaga kesehatan syaraf, 20) menjaga usus dari perkembangan bakteri, 21) pewarna alami (buah naga merah), 22) membasmi jerawat, 23) mencegah kerapuhan tulang, 24) baik untuk pencernaan bayi di atas  tahun, 25) menjaga kelancaran sistem peredaran darah, 26) baik untuk meningkatkan ASI, 27) baik untuk mengobati panas dalam, 28) baik untuk mengobati sariawan, 29) mengatasi tenggorokan kering, 30) menjaga kulit wajah agar tetap kencang.


Sumber Artikel klik dokter

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini