Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

PCM Plemahan Kediri Melaksanakan Sholat Idul Adha

| Editor: Margo Utomo | 28 June 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:20:59Z


New Jurnalis.com - Kediri, Jawa timur. Muhammadiyah menetapkan 10 Dzulhijah 1444 Hijriyah yang merupakan peringatan Hari Raya Idul Adha 2023 jatuh pada hari Rabu (28/06/2023). Pimpinan Cabang Muhammadiyah Plemahan Kabupaten Kediri menggelar Ibadah Sholat Idul Adha 1444 Hijriyah di halaman Masjid Al Ukhuwah di Desa Tegalrejo, Kececamatan Plemahan, Kabupaten Kediri.

Bertindak sebagai imam Sholat Idul Adha Ustad Rizki Zumar, S.E., dan khotib Ustad Drs Arif Santoso.M.Pd. Dalam khotbahnya, bahwa ibadah qurban sudah ada pada masa Nabi Adam a.s. Tersebutlah, bahwa Qabil dan Habil (keduanya putra kandung Nabi Adam a.s) masing-masing diminta untuk memberikan 'persembahan' atau berqurban kepada Allah. Qabil seorang petani, memilih buah-buahan dan sayur mayur bermutu jelek. Habil, seorang peternak, memilih kambing yang besar, sehat, bagus dan tidak cacat.

'Hasil akhir' ritual  berqurban ini berbeda, dikarenakan niat dari kedua hamba Allah itu tidak sama. Qurban Habil diterima karena amaliyah dia berangkat dari niat mengabdi hanya kepada Allah atas landasan iman dan taqwa.

Demikian juga dengan Nabi Ibrahim a.s mencapai nilai iman dan taqwa yang tinggi dan patut kita contoh karena telah memeragakan dengan baik kecintaannya kepada Allah. Ibrahim a.s ridha atas perintah-Nya yang sangat berat yaitu : "Korbankan Ismail!", akan tetapi belum terlaksana, kemudian diganti oleh Allah dengan seekor domba dari syurga.

Dengan demikian, sesungguhnya Allah tidak butuh daging dan darah hewan qurban kita. Ketahuilah, bahwa yang sampai dan diterima Allah adalah nilai taqwa di balik pelaksanaan ibadah qurban tersebut. "Tidaklah akan mencapai Allah daging-dagingnya dan tidak darah-darahnya, tetapi yang akan sampai kepada-Nya ialah taqwa kamu" (QS Al Hajj : 37).

Pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah ini, Masjid Al Ukhuwah berhasil mengumpulkan 6 ekor sapi, 2 ekor kambing dan uang sebesar Rp. 1.400.000,-. Ibadah Sholat Idul Adha 1444 Hijriyah ini ditutup dengan acara ramah tamah yaitu makan bersama dengan masyarakat sekitar.

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini