Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Strategi: Menjadi Wartawan Sukses dan Disegani

| Editor: Margo Utomo | 01 June 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:21:25Z


NEWJURNALIS - Pada kesempatan ini akan berbicara tentang tips dan strategi menjadi wartawan sukses, tetapi di segani, wartawan yang berhasil dan profesional tetapi tetap dihormati, merupakan keinginan dan cita-cita sebagian besar, para pahlawan peda kita naik, Untuk itu saya perlu menyampaikan beberapa tips untuk meraih reputasi Gemilang itu. 


Pertama adalah masukilah dunia wartawan ini dengan rasa cinta yang mendalam. Apabila Anda memasuki dunia wartawan menjadi wartawan karena kecintaan Anda terhadap profesi ini. Saya yakin anda akan memiliki keberanian untuk berjuang dan memperjuangkan apa saja yang minta oleh profesi ini untuk benar jalankan. 


Yang kedua Ketika anda telah memasukinya dengan rasa cinta yang mendalam pelajari ilmunya, pelajar skill yang dibutuhkan di dalam dunia jurnalisme, Bagaimana memahami kode etik? agar anda tidak menjadi seorang Hakim, yang menggunakan palu untuk memoni seorang, ketika ada orang yang diduga melakukan kesalahan dengan, kode etik anda memiliki moral, anda memiliki standar moral, untuk menjalankan profesi jurnalistik ini. 


Yang kedua dengan mempelajari teknik wawancara dengan baik, mempelajari bagaimana berkomunikasi dengan manusia lain, bagaimana berkomunikasi dengan orang lain, kemudian menulis berita, kemampuan menulis berita hem mampuan melakukan pemotretan sesuai dengan otojurnalisme kemampuan untuk memahami kode etik, kemampuan berkomunikasi dengan orang lain serta kemampuan untuk melakukan wawancara dengan narasumber.


Sesuai dengan standar jurnalistik itu tidak datang dan itu tidak Anda pahami, karena anda telah memiliki kartu pers, kena anda telah memiliki SK dari pemimpin redaksi, kena anda telah ditunjuk menjadi pejabat, organisasi pers di daerahnya anda. Tetapi semua ilmu jurnalistik ini Bisa Anda pahami dengan belajar, di jaman ini belajar itu bagai jalan menuju Roma, mungkin satu Mungkin dua dan bisa 123 bisa melalui buku, bisa melalui internet, bisa belajar langsung ke lembaga-lembaga pendidikan atau melakukan wawancara dan Itachi dengan wartawan-wartawan yang sudah berpengalaman.



Kemudian setelah itu Anda pahami, setelah ilmu journalisme itu sesudah anda miliki cara mendalam, secara sempurna, kemudian tetaplah bersikap jujur di dalam profesi anda, kejujuran itulah yang dituntut oleh kesederhanaan, Kalau Anda sederhana Anda akan jujur, kalau anda hidup bermewah-mewah Bagaimana mungkin Anda bisa jujur? sementara status ekonomi Anda belum bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan itu, disaat anda sedang berjuang dan sedang belajar, ingin Bersabarlah Bersabarlah untuk terus belajar.


Bersabarlah untuk terus berlatih agar anda menjadi seorang wartawan sejati, agar anda menjadi cemerlang kemudian bersabar untuk tidak buru-buru menjadi kaya, untuk tidak buru-buru memiliki mobil mewah, untuk tidak buru-buru memiliki rumah mewah memiliki peralatan-peralatan mewah, semua itu membutuhkan tuntutan ekonomi, yang mungkin pada saat anda belajar ada saat Anda berjuang, itu belum bisa dipenuhi oleh profesi anda yang bernama warta.


Kalau Anda mengharapkan kekayaan disaat anda bahwa susuk baru belajar itu sama dengan anda menanam sebuah pohon tiba-tiba Anda mengharapkan pohon itu langsung berbuah, itu tidak mungkin semuanya membutuhkan proses. Jadi kesimpulannya Kalau anda ingin menjadi wartawan tak tetapi hormat, menjadi wartawan taktis dan profesional, tetapi tetap disegani, 


Yang pertama Anda memasuki dunia wartawan ini dengan rasa cinta yang mendalam dengan itu Anda akan menemui keberanian untuk berjuang yang kedua siap untuk bersabar belajar dan berlatih ilmu jurnalistik ini kena profesi jurnalistik Ini Membutuhkan ilmu dan skill apalagi di zaman sekarang 


Yang ketiga tetaplah bersabar dan jujur serta hidup sederhana kejujuran dan kesederhanaan dalam kehidupan merupakan jembatan emas untuk menuju kesuksesan dan kekayaan, itulah tips yang saya sampaikan melalui artikel kali ini mudah-mudahan ini bermanfaat bagi teman-teman dimanapun anda berada.


No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini