Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Pelatihan Seni Tempel: Sisa Kain Limbah Dari Penjahit Menggabungkan Tradisi Kreativitas Modern

| Editor: Margo Utomo | 12 September 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:19:43Z
F.R. Endah W, asal Sidoarjo Narasumber Pelatihan Seni Kolase Perca - New Jurnalis 

NEW JURNALIS, Mojokerto - Dalam upaya untuk mempertahankan keindahan seni Kolase Kain Perca tradisional dan menggabungkannya dengan ekspresi kreatif modern, Sungging Adi Limuwih dengan bangga mengumumkan pelatihan Seni Kolase Kain Perca yang telah diadakan pada 12 September 2023 di Gedung Serba Guna Pohkecik, Kec. Dlanggu. Pelatihan gratis langsung di datangi 7 perempuan ibu - ibu Kademangan, Désa Dlanggu dari berbagai latar belakang untuk merasakan pesona seni kolase kain perca.

Seni kolase kain percak merupakan seni tradisional yang berasal dari Kain Perca ( Selain limbah dari penjahit) dan telah menjadi bagian penting dari budaya Seni Lukis. Kain perca, yang sering digunakan dalam busana tradisional, adalah bahan utama dalam seni ini. Dalam pelatihan peserta akan belajar cara menggabungkan berbagai potongan kain, sisa kain limbah dari penjahit dengan teknik kolase untuk menciptakan karya seni yang unik dan indah.

Peserta 7 Perempuan Ibu - ibu sukse inovasi karya seni kolase perca dari Kademangan, Dlanggu

"Buat saya bersyukur, karena masih ada yang mau melakukan, peduli seni kolase dari bahan kain perca ( Limbah sisa kain)  gak semua orang mau mengerjakan, kedepan saya, apa yang saya ajarkan berikan praktek langsung ini, akan menjadi menfaat, bagi masyarakat, membantu merokonomian, bisa menjual karya seni lukis tempel", Ujang Ibu Endang, Narasumber Seni Kolase.

Ketrampilan, konsisten melakukan seni kolase perca 

Pelatihan ini dipandu oleh seorang seniman berpengalaman dalam seni kolase kain perca, F.R. Endah W, asal Sidoarjo. Peserta 7 perempuan, ibu - ibu Kademangan, Dlanggu telah diberikan panduan langkah demi langkah untuk menciptakan kolase kain perca mereka sendiri, dan mereka juga akan mendapatkan pemahaman mendalam tentang sejarah dan makna seni ini.

Hasil seni tempel kolase perca, sudah terselesaikan dengan baik 


Pelatihan ini terbuka untuk semua tingkat keahlian, mulai dari pemula hingga yang berpengalaman dalam seni. Sungging Adi Limuwih  menyediakan semua bahan dan peralatan yang diperlukan untuk peserta, termasuk beragam pilihan kain percak.
 
"Tujuan utama kami adalah Sungging Adi Linuwih Kami membantu berkomitmen untuk melestarikan seni dan budaya tradisional sambil merangkul inovasi dan kreativitas modern". Cak Lubis Official

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini