Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Persiapan Berdirinya Rumah Matra ( Masyarakat Adat Nusantara) Desa Katemas Dungus, Kec Puri

| Editor: Margo Utomo | 07 September 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:19:46Z
Sambutan langsung DPC MATRA Mojokerto 

NEW JURNALIS - Dalam rangka memperkuat keberlanjutan berdirinya rumah Budaya ( MATRA ) Masyarakat Adat Nusantara, sebuah langkah bersejarah telah bertempat di desa Katemas Dungus Kecamatan Puri pada hari kamis, 7 September 2023.


Seiring dengan semangat menjaga identitas budaya yang berharga, Masyarakat Adat Nusantara di dusun Sangkan, Katemas Dungus, Kec. Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, telah memulai persiapan untuk mendirikan Rumah Masyarakat Adat Nusantara akan menjadi pusat penting bagi berbagai aspek budaya kehidupan tradisional.


Penyerahan pemotongan tumpeng Ibunda Endah Koeswantoro kepada Kepala Desa Katemas Dungus


Rumah Masyarakat Adat Nusantara ini bisa menjadi tempat pertemuan, pemeliharaan, dan menggiatkan kembali sendi sendi budaya khas Nusantara. Fasilitas ini akan memungkinkan para pemangku adat, seniman, psikolog pengembangan riset pertanian dan masyarakat lainya untuk berbagi pengetahuan, memperkenalkan kesenian, psikolog juga keterampilan tradisional kepada masyarakat.


Kepala Desa mengatakan,Dwi Siti Koliyah "Kami sangat bersemangat melihat rencana ini bisa menjadi kenyataan. Rumah Masyarakat Adat Nusantara akan menjadi wadah penting untuk menjaga warisan budaya leluhur Nusantara untuk memperkuat kebanggaan akan identitas kearifan lokal."


Penyerahan pemotongan tumpeng Ketua Matra Mojokerto di Rumah Kepada Desa Ketemas Dungus



Proses persiapan untuk mendirikan Rumah Masyarakat Adat Nusantara telah dimulai dengan pengumpulan dukungan dari berbagai pihak, termasuk kepala desa, pemangku dusun, dan warga setempat. 


"Menjelaskan apa itu Matra, Matra memiliki kepedulian yang tinggi dalam membangun dan melestarikan budaya - budaya yang melibatkan para Pemangku Adat Nusantara, Para Sultan dan pemerhati serta Pelaku Budaya Nusantara, untuk saling bahu membahu bersama pemerintah memperjuangkan Budaya Nusantara supaya tetap menjadi tuan Rumah di Bumi Nusantara, tentunya menjadikan Budaya sebagai salah satu cara untuk mengembangkan tingkat ekonomi Masyarakat, dengan mengkedapankan pengembangan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata berbasis budaya". Ungkapan Ketua DPC MATRA Mojokerto 


Sambutan langsung Samsul , Pengembangan riset pertanian 

Rumah Masyarakat Adat Nusantara diharapkan akan menjadi titik fokus penting untuk kegiatan budaya dan pendidikan, serta mendukung perkembangan ekonomi lokal.


Pendirinya Rumah Masyarakat Adat Nusantara berharap untuk melibatkan lebih banyak pihak dalam upaya ini, termasuk organisasi budaya, akademisi, dan masyarakat umum. Untuk informasi lebih lanjut tentang program tersebut.


Penutup doa bersama dan doa tumpeng  

Akhirnya, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan antusiasme yang telah ditunjukkan Kepala Desa dan masyarakat setempat yang hadir pada pertemuan tersebut.

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini