Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Rentenir Yang Berkedok Koprasi Sudah Merambah Ke OKU Selatan

| Editor: Margo Utomo | 25 September 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:19:30Z


NEW JURNALIS - Muaradua,senin 25 September 2023 Anggota Komisi VI DPR RI Elly Rachmat Yasin meminta Kementerian Koperasi dan UKM memperhatikan adanya rentenir yang berkedok koperasi di masyarakat. Ia menyebut saat ini ada istilah 'Koperasi Papan Nama' atau sebutan bagi rentenir yang seolah-olah merupakan koperasi, namun memberikan bunga tinggi.

Berdasar kan penelusuran anggota wartawan bpk. Deki zulpani Newjurnalis pada hari senin 25 September 2023 di desa batu belang way bulan kecamatan muaradua, Terdapat kantor koperasi yang tanpa  Plang Koprasi Resmi.saat itu juga bpk.deki zulpani selaku anggota wartawan Newjurnalis, Sempat menemui pimpinan koperasi Romora yang bernama bpk.PITRA dan beberapa kariyawan lain nya.


Setelah kami wawancarai seputaran area lokasi,ternyata wilayah yang mereka beri pinjaman sudah sangat luas dan  telah menjangkau beberapa kecamatan yaitu,KEC.MUARADUA,KEC.MUARADUA KISAM,KEC.BUAY RUNJUNG,KEC.KISAM ILIR,KEC.SIMPANG HAJI

Dampak dari Rentenir berkedok koperasi seperti ini sudah sangat meresahkan masyarakat oku selatan, seperti contoh nya, adanya mayarakat yg menjadi nasabah di salah satu  koperasi tersebut merasa berat untuk membayar koperasi karena bunga yang di berikan oleh aparat atau anggota penagih koperasi sangat lah tinggi, sehingga dapat membuat mereka kehilangan arah dan tidak ter urus nya rumah tangga.


Maka,dari itu sebaiknya pihak terkait secepat nya mengambil tindakan untuk memanggil aparatur yang berwajib dan memiliki wewenang akan masalah tersebut,untuk menanyakan kisaran persentase suku bunga dan surat izin yg di pergunakan dan memperjelas apakah benar suku bunga yg mereka kenakan terhadap nasabah telah sesuai dengan peraturan yang di keluarkan demi kenyamanan dan keamanan masyarakat peminjam/nasabah.

Okuselatan,25 September 2023,Deki zulpani.

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini