Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Matra DPD Mojokerto Menghadiri Rapat Finalisasi Persiapan Pelaksanaan Pekan Budaya Majapahit 2023

| Editor: Margo Utomo | 19 October 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:19:04Z

NEW JURNALIS - Mojokerto Rabu, 18 Oktober 2023. Dalam rapat yang diadakan di lanatai 2 Aula Gedung Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mojokerto di jalan Benteng Pancasila nomer 244 Mojokerto, berjalan lancar dan akomodatif.


Acara Pekan Budaya Majapahit yang akan diselenggarakan mulai tanggal 10 sampai 16 November 2023 di lapangan Raden Wijaya Surodinawan Kota Mojokerto, merupakan rangkaian dari acara Hari Jadi Propinsi Jawa Timur dan Haul Gubernur Suryo tahun 2023. Untuk mempromosikan dan melestarikan nilsi nilai kebuadayaan serta hasil kreasi kebidayaan Majapahit.


Dan itu murni dari gagasan dari Ketua DPRD Tingkat 1 Jawa Timur Kusnadi, S.H.,Hum. Yang meminta langsung pada MATRA Masyarakat Adat Nusantara untuk mendampingi pemikiran kepada teman teman Dewan Pelestari Adat Majapahit yang terlibat langsung untuk penyelenggaraan acara Pekan Budaya Majapahit, agar terlaksana dengan baik dan sesuai dengan marwah karena berkaitan dengan menyebut Majapahit yang menjadi judul acara tersebut diatas.


Pada sambutan yang disampai bapak Dr. Andik Fadjar Tjahjono Drs. Sekretaris DPRD Tingkat 1 Jatim, menjelaskan bahwa rundown acara yang dipaparkan oleh Debindo Mitra Tama EO yang ditunjuk sebagai pelaksana acara tersebut diatas belum final dan masih menunggu masukan, saran ataupun kelengkapan materi pengisi jadwal yang di agendakan.


Adapun usulan dan saran yang disampaikan oleh bapak Syamsul Fuadi dari Litbang bidang Analis, riset dan Kajian MATRA Dpd Mojokerto adalah tentang Tema yang berkaitan dengan Majapahit, rundown acara sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia atau sastra Jawa agar tercipta nuansa Majapahit dan bila ada acara prosesi ritual agung itu dilaksanakan dengan cermat teliti jeli dan hati hati disesuaikan dengan tema keseluruhan acara" jelas bapak Syamsul Fuadi mewakili sekaligus juru bicara Ketua MATRA Dpd Mojokerto Bapak Johanes Singko yang juga hadir bersama tim media Matra Pers.

Dalam rundown acara yang diawali dengan Kirab Budaya dari Lapangan Raden Wijaya menuju finish ke Pendapa Kabupaten Maja Tama di tanggal 10 November 2023.


Berikutnya ada Festival Kuliner, Festival Permainan Tradisional anak anak, Pagelaran Wayang Beber, pagelaran Bantengan , Ludruk Semar Mesem Jtv dan untuk Tari Othok othok dan Saronen Madura, Tari Jejer Banyuwangian dari Budpar JawaTimur.

Masih banyak lagi pengisi acara tersebut juga melibatkan anak anak Sekolah dari tingkat TK sampai SMA yang diatur oleh Dikbud Kota maupun Dibud Kabupaten Mojokerto.


Untuk beberapa item kesenian melibatkan Budpar Kabupaten Mojokerto, dari Budpar Kota Mojokerto serta kesenian dan spuritual yang bernaung dibawah Dewan Pelestari Adat Majapahit yang di ketuai bapak Moelyono saat hadir dalam rapat siang ini didampingi pengurus Bapak Rois, Romo Windu , Gus Githut Singaliar dan anggotanya. Rapat siang ini juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Mojokerto Bapak Gaguk yang sempat menyampaikan sambutannya, mengucapkan rasa terimakasih karena acara tersebut diselenggarakan di wilayah Kota Mojokerto.


Sedangkan UMKM dari Deperindag kabupaten serta Deperindag Kota Mojokerto untuk mengisi bazar di tenda tenda yang disediakan oleh penyelenggara.

Rapat lanjutan akan diselenggarakan lagi tiga hari lagi untuk lebih mendapatkan detail agenda pengisi acara secara utuh dan kerjasama yang saling memahami tugas masing masing demi kelancaran terselenggaranya Pekan Budaya Majapahit 2023 di Mojokerto.

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini