Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Peran Dalang Tidak Hanya Pada Pagelarang Wayang Kulit Semata Tetapi Pada Pagelaran Wayang Orang Tetap Ada Alunan Khas Suara

| Editor: Margo Utomo | 26 October 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:19:00Z

NEW JURNALIS - Mojokerto, 26 Oktober 2023. Duta Dalang berprestasi dari Jawa Timur R. Mas Ngabehi Sugiyanto  dalam Seminar Batik bercorak Wayang.

Apa yang terlintas dibenak kita ketika mendengar kata Dalang di jaman milenial ini? Tentu adalah muda milenialpun akan menjawab Wayang. Dan benar adanya kata Dalang sungguh tidak asing ditelinga masyarakat Indonesia bahkan anak kecil sekalipun.

Di Indonesia ada perkumpulan para Dalang yang disingkat PEPADI. Peran Dalang tidak hanya pada pagelarang Wayang Kulit semata tetapi pada pagelaran Wayang Orang pun tetap ada alunan khas suara Dalang yang memandu jalannya cerita disela bunyi gamelan dan gendhing yang dilantunkan para sinden.


Ki Sugiyanto Purwocarito adalah salah satu yang punya profesi Dalang berprestasi dimasa kini. Bukan hanya Dalang saja tetapi juga EO yang mendampingi pemilik Sanggar Budaya Nusantara Kuncarningrat yang sekaligus adalah suami ibu Rizky N Utami.

Salah satu bukti kecintaan pria kelahiran 25 April 1969 adalah perhatiannya pada corak Batik. 
Pada seminar Batik yang diadakan pada 8 Oktober 2023 lalu di Bassura Mall Jakarta Timur, bersama Sanggar Rizky Budaya Nusantara Kuncaraningrat.



R. Mas Ngabehi Sugiyanto menjadi Duta Dalang dari Jawa Tinur dan Nara Sumber Batik bercorak wayang dengan filisofynya. Langgeng Kejawen Kembali kepangkuan Ibu Pertiwi melalui Budaya.


No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini