Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Warga Baru ulu keluhkan Masalah Air Bersih di Reses Kamarudin

| Editor: Margo Utomo | 31 October 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:18:55Z
New Jurnalis, Balikpapan -  Anggota Komisi III DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kota Balikpapan, Masa Sidang lll Tahun 2023 Kamaruddin Ibrahim menggelar serap aspirasi (Reses) di Kelurahan Baru Ilir di Lingkungan RT17 Balikpapan Barat, 

Reses dihadiri Kepala Sub Humas PDAM Suryo, Ketua LPM di wakili sarkawi awi, Camat Balikpapan Barat di wakili Ahmad Rizal, Para ketua rt seluruh baru ulu, tokoh masyarakat,(30/10/2023)
 
Berbagai Aspirasi di utarakan dari masalah air bersih, kampung narkoba dan gas elpiji.

Salahsatu warga Nurmiati Ketua RT 11 inipun tidak segan-segan menanyakan keluhan warganya, lantaran sulit mendapatkan air bersih. 

"Persoalan air bersih ini sudah dirasakan warga saya sejak 6 bulan, kita sudah sering melakukan demo di PDAM. Tapi tidak ada penyelesaiannya," ujar Bu Nurmiati. 

Selanjutnya, masalah Narkoba turut disampaikan Pak Baktiar warga Rt 40 Gunung Bugis. Dirinya menyampaikan, perlu keseriusan dalam pemberantasan narkoba dilingkungannya, 

Selain itu, Baktiar juga menyampaikan usulan pembangunan lapangan terbuka untuk warganya di Gn Bugis, agar bisa dimanfaatkan anak-anak untuk bermain, sehingga mampu mengurangi kecanduan Gadget atau Gawai atau Handphone. 

Salah satu warga Dini, Warga RT 39 yang mengusulkan adanya program penukaran tabung Gas LPG 3 Kg ke ukuran LPG 5 Kg. 

Menanggapi hal tersebut, H Kamaruddin Ibrahim  mengatakan, sulitnya mendapatkan air bersih di Balikpapan lantaran kota Balikpapan hanya mengandalkan air tadah hujan kedalam waduk. Sehingga ketika musim kemarau tiba, warga susah mendapatkan air bersih, sehingga harus di gilir pendistribusiannya. 

Adapun solusi dalam penanggulangan air bersih dikota Balikpapan dengan cara melakukan Desalinasi atau penulingan air laut bisa saja dilakukan, namun harus membutuhkan biaya, lahan dan tenaga listrik yang besar. 

Ia menyampaikan, Balikpapan nantinya juga akan mendapatka suplai air bersih dari Waduk Sepaku yang ada di IKn dengan kapasitas 500 liter/detik. Hanya saja dengan kapasitas tersebut masih belum mencukupi kebutuhan air bersih di Balikpapan. 

Oleh sebab itu, wacana yang saat ini tengah diperbincangkan di DPRD Kota Balikpapan yakni dengan melakukan pemasangan pipa dari Samarinda ke Balikpapan, dengan mengambil sumber air melalui air Sungai Mahakam. 

Sedangkan persoalan Narkoba dan Gadget, dirinya meminta agar peran orangtua bisa lebih ditingkatkan dan maksimalkan dalam pengawasannya, sehingga anak-anak bisa terhindar dari pergaulan yang dapat menyeret kelingkaran narkoba. 

Mengenai usulan penukaran tabung LPG 3 Kg menjadi 5 Kg, dirinya hanya menyampaimkan jika program penukaran LPG tersebut, merupakan program CSR PT Pertamina. 

Kalaupun warga nantinya mau menukarkan tabung 3 Kg miliknya ke ukuran 5 Kg, maka warga harus sudah siap tidak menerima subsidi lagi dari pemerintah, karena tabung LPG 3kg mendapatkan subsidi dari pemerintah. 

Disinggung mengenai ada tidaknya usulan perbaikan infrastruktur, H Kamarudin hanya menyampaikan kalau usulan infrastruktur dirinya meminta kepada ketua RT agar menyampaikan usulannya secara tertulis, dengan dilengkapi foto dan surat permohonan.

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini