Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

CEO Newjurnalis Mendapatkan Gelar Kehormatan Praja Mangkualaman II Karena Prestasi

| Editor: Margo Utomo | 08 November 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:18:53Z

H. Ahmad Zulfikarnain lubis Poto Bersama KGPAA Mangku Alam II/Dok Pribadi

NEWJURNALIS – Jawa Tengah KPH Metarum Hanyokrowati menyambut baik kedatangan dari sejumlah tokoh masyarakat dan pemangku adat di dalam acara silaturahmi di Omah Mbudur,Borobudur,Kabupaten Magelang.


H. Ahmad Zulfikarnain Lubis adalah CEO dari Media Online newjurnalis.com hadir di Magelang Jawa Tengah untuk menerima gelar kehormatan dari Praja Mangkualaman II. Acara berlangsung di Omah Mbudur,Kabupaten Magelang,Minggu(05/11/23).


Hadir dari berbagai unsur dan mewakili wilayahnya masing-masing, seperti dari Jawa Barat dan Jawa Timur salah satunya,dalam Masyarakat Adat Nusantara (Matra) Silaturahmi Adat Budaya Nusantara di Omah Mbudur. Pertemuan ini juga untuk menjaga ketahanan adat dan budaya, jika ada konflik horizontal maupun vertikal para raja ini bisa meredam serta menjaga keutuhan NKRI.


"Kami hadir dari berbagai unsur dan mewakili wilayahnya masing-masing, seperti dari Jawa Barat dan Jawa Timur salah satunya," ujar KPH Metarum dalam siaran persnya, Minggu (6/11).


Tujuan untuk silaturahmi, kemudian berkumpul dan tukar pikiran dalam silaturahmi ini dinilai sangat istimewa, karena ada pemberikan Gelar Kehormatan pada sentono dan masyarakat umum dari berbagai kalangan dan profesi di antaranya; Guru,Pegawai Instansi Pemerintah,Pengusaha,Karyawan,Pedagang,Seniman karena berprestasi sesuai bidanya. Dan masih banyak profesi lainya, yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Prosesi pemberian pin juga sertifikat legalitas dari Praja Mangkualaman II di wakili Pepatih Dalem KPH Metarum Hanyakrawati Penghageng Reh Kasetanan. 


Adat Budaya Nusantara ini memang agak istimewa karena ada kegiatan dan semua pemangku adat di Jawa Tengah, Jawa Timur dll. Ini dalam menjaga ketahanan adat dan budaya supaya jika ada konflik-konflik horizontal maupun vertikal ini para raja dan sultan bisa meredam dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Jika kita di Praja Mangku Alam II, selain yang memiliki trah dapat kekancingan, orang umum pun boleh kalau memang niatnya ingin melestarikan budaya dan ingin mengabdi kepada Mangkualaman. Mereka bebas untuk bergabung dengan Mangkualaman cuma dengan catatan bisa menjaga nama baik Raja Mangkualaman II, jika tidak bisa menjaga nama baik ya kita copot gelarnya dan itu sudah beberapa individu yang menyalahi yang didapat.


Salah satu penerima kekancingan H. Ahmad Zulfikarnain Lubis berprestasi karena jurnalis kebudayaan. Atas pemberian gelar ini menjadikan dirinya sebagai abdi dalem selalu membawa kultul dan adat budaya Indonesia khususnya media online kebudayaan.


DPD Matra Mojokerto mendapatkan gelar kehormatan dari Praja KGPAA Mangku Alam II/Dok Pribadi



“Alhamdulillah saya telah mendapatkan gelar kehormatan dan kepercayaan Praja Mangku Alam II di wakili KPH Metarum Hanyokrowati di tahun 2023 di Lokasi Magelang. Kali ini untuk penghargaannya,” ucap Cak Lubis.


Selain silaturahmi bersama seluruh masyarakat, tokoh adat dan budayawan dilakukan penyematan gelar Kelancingan Mangkualaman II terhadap sejumlah individu dan budayawan setempat, sekaligus hiburan rakyat pentas seni wayang kulit.


“Buat saya sangat luar biasa, terima kasih kepada Allah SWT. jadi kita menjaga kultur, karakter, bukan berarti kita merubah karakter. Mungkin yang tadinya buruk menjadi lebih baik, yang tadinya sudah baik menjadi lebih baik lagi,”tambahnya


No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini