Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Silaturahmi Penyehat Tradisional di Mojoagung: Memperkuat Warisan Kesehatan Lokal

| Editor: Margo Utomo | 24 November 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:18:41Z
Poto bersama para praktisi penyehat tradisional & Herbalis serta jajaran Puskesmas


NEWJURNALIS.COM - Mojoagung, 24 November 2023 - Sebuah pertemuan silaturahmi yang menggembirakan antara praktisi penyehat tradisional di Gedung Pertemuan Balai Desa Mojotrisno,Mojoagung telah berhasil menyatukan kekuatan mereka dalam melestarikan warisan kesehatan lokal. Acara yang diadakan di Mojoagung pada hari ini, menciptakan suasana bagi para ahli penyehat tradisional setempat untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, dan memperkuat jaringan kolaboratif mereka.


Dalam suasana yang penuh kehangatan, para praktisi penyehat tradisional dari berbagai sudut Mojoagung berkumpul untuk bertukar pandangan tentang pengobatan tradisional yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Mereka membahas berbagai ramuan herbal, teknik pijat tradisional, serta praktik  alami yang telah menjadi bagian integral dari kehidupan masyarakat Mojoagung.


Sambutan & perkenalan dari cak lubis official / Asesor Dewan Sertifikasi Profesi Pertapa


Salah satu momen puncak acara adalah diskusi panel yang dipandu oleh pakar terkemuka dalam bidang penyehatan tradisional di wilayah ini. Mereka membahas peran penting penyehat tradisional dalam menjaga kesehatan masyarakat lokal, sambil menyoroti keunikan dan kearifan lokal yang terkandung dalam praktik-praktik tersebut.


Toniyo, seorang praktisi penyehat tradisional yang turut hadir dalam acara tersebut, menyampaikan, "Kita harus mengadakan pelatihan merayakan dan melestarikan kekayaan warisan kesehatan tradisional kita. Secara gratis bekerja sama dengan Puskesmas Mojotrisno di pimpin Dokter Gigi Ariany Ratnaningtyas selaku kepala puskesmas,dan kita perlu menjaganya agar tetap hidup dan berkembang."


Acara ini juga dihadiri Ibu - Ibi oleh beberapa keahlian masing - masing dari instansi kesehatan setempat dan non akademisi yang tertarik untuk memahami lebih dalam mengenai pengobatan tradisional dan potensi integrasinya dalam pelayanan kesehatan modern.


Sambuatan dari Kepala Puskesmas Dokter Gigi Ariany Ratnaningtya


Kepala Puskesmas Mojotrisno,Mojoagung, Ariany Ratnaningtyas, menyatakan, "Kami sangat mendukung upaya pelestarian praktik penyehatan tradisional ini. Mohon maaf karena tempat sementara di gedung Balai Desa karena puskesmas dalam pembangunan gedung baru, memperluas. Bagian dari keanekaragaman budaya kita yang harus dijaga dengan baik. Selain itu, kolaborasi antara penyehat tradisional dan pelayanan kesehatan modern bisa membawa manfaat besar bagi masyarakat."


Acara ini diakhiri sambil perkenalan antar praktisi dengan kesepakatan bersama untuk terus menjaga dan mengembangkan praktik penyehatan tradisional di Mojoagung. Para peserta berharap bahwa kegiatan semacam ini dapat diadakan secara berkala untuk memperkuat hubungan antar praktisi penyehat tradisional dan terus menggali potensi penyembuhan alami yang dimiliki oleh tradisi lokal mereka.


Sambutan Toniyo Sugihartono,ST, A.Md.Akup 


Mojoagung merupakan sebuah kota kecil yang kaya akan budaya dan tradisi, Mojoagung memiliki warisan penyehatan tradisional yang unik dan bernilai tinggi. Acara silaturahmi ini merupakan langkah positif dalam mempromosikan dan melestarikan praktik-praktik tersebut." Imbuhnya

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini