Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Matra Merupakan Organisasi Adat dan Budaya Tingkat Regional Saat ini Terbesar di Indonesia

| Editor: Margo Utomo | 04 December 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:18:30Z



NEWJURNALIS  – Sebagaimana yang kita ketahui, Matra merupakan organisasi adat dan budaya tingkat regional yang saat ini terbesar di Indonesia. Anggota Matra terdiri dari Kerajaan, Kesultanan, lembaga adat, akademisi, budayawan, seniman masyarakat umum,dan sebagainya.


Eksistensi organisasi Masyarakat Adat Nusantara (Matra) ini diharapkan dapat bersinergi,kolaborasi dan membantu pemerintah daerah dalam melestarikan adat, tradisi dan budaya yang ada di wilayah (daerah) masing-masing.


Kehadiran organisasi Matra, diharapkan saling mendukung, dan bekerjasama dengan pemerintah dari tingkat pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten untuk membantu pelestarian adat dan budaya di daerahnya.



Sebagai organisasi yang terstruktur dari pusat (DPP) hingga daerah (DPW dan DPD). dan sebagai upaya pengembangan sekaligus pengenalan maka Organisasi Masyarakat Ada Nusantara (Matra) terus mengembangkan sayapnya, seperti yang dilakukan oleh DPD Matra di Kab. Lamongan yang akan menggelar acara pengukuhan (pelantikan) pengurusnya di Aula Gedung Dinas Pariwisata Lamongan (Disparta), Jalan Sunan Giri Lamongan, Jawa Timur pada Hari Minggu, (3/12/2023), Pukul 13.00 WIB


Ditemui media ini, Ketua DPP Matra Lamongan, RTG. Harun Setiawan Dirjo Kusumo,menguraikan secara rinci kegiatan Pelantikan yang dilakukan tersebut, akan dihadiri oleh tamu VIP seperti Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Matra, KGPAA Wiroyudho Mangkualam II, yang merupakan penasehat dan pencetus Matra, Sultan Gowa Andi Bau Malik Barammamase Tukkajannangang (Ketua DPP Matra), K.P. Cristian Sabilal Pussung Ciptonegoro (Ketua DPW Matra Jatim) Pangeran Sembilang dan Cakraningrat (Madura),Ketua Suku Osing, Samin dan Tengger, juga masih banyak lagi para perwakilan Matra dari beberapa wilayah di seluruh tanah air.


Adapun konfirmasi dari pejabat Lamongan yang rencananya hadir di Pelantikan DPD Matra,diantaranya Bupati Yes dan Wakil Bupati Lamongan KH.Abdul Rouf, Jajaran Forkopimda (Dandim 0812, Kapolres Lamongan, Kejaksaan, Bakesbangpol), dan para Kepala Dinas yang merupakan Dewan Penasihat DPD Matra Lamongan.


“Kesiapan acara Pelantikan DPD Matra sudah ready. Tamu undangan VIP yang hadir dari DPP, DPW, dan Para Ketua Suku, ada Mas Wowo dari Osing dan juga SukuTengger. Untuk Ketua Suku Samin sebenarnya yang sepuh ada di Cepu, tetapi karena ini di Jatim yang kita undang dari Bojonegoro. Yang menarik juga akan hadir Pimpinan Pasukan Manguni (Menado), Pak Ahmad yang berusia 103 tahun dan Hyang Weldo juga turut hadir di Lamongan,” tukas RTG Dirjo


No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini