Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Sambut Pesta Demokrasi ASN OKU Selatan Bersikap Netral

| Editor: Margo Utomo | 27 December 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:18:17Z

MUARADU (Newjurnalis.com) Jelang pelaksanaan Pesta Demokrasi 2024, Pemprov Sumatera Selatan laksanakan Deklarasi Netralitas Pegawai ASN Pada Pemilihan Umum dan Pilkada Tahun 2024 dilakukan serentak secara daring di Kabupaten dan Kota se-Sumatera Selatan. Rabu (27/12/2023).

Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS), M.Rahmattullah, S.STP.,M.M., hadiri secara langsung Deklarasi Netralitas Pegawai ASN Pada Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 di Griya Agung Palembang.


Selain itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat OKU Selatan, Joni Rafles, AP,.M.Si., serta FKPD, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Kakan Menag, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Kabag, Para Camat,  Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Para Pejabat Eselon III, IV dan Pejabat Fungsional turut ikuti Deklarasi secara daring di Ruang Serasan Seandanan Kabupaten OKU Selatan.

Dalam laporan Kepala Badan Keuangan Daerah Sumatera Selatan, Ismail Fahmi, SIP., M.Si., tujuan pelaksanaan Deklarasi Netralitas Pegawai ASN Pada Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 hari ini adalah untuk mewujudkan ASN yang netral dan profesional, serta menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada 2024 yang berkualitas.


ASN diwajibkan untuk menjaga independensi dan kesetaraan dalam memberikan pelayanan publik, tanpa memihak kepada kelompok atau individu tertentu sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan tertib, lancar dan damai sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang ada.

Peserta yang hadir pada pelaksanaan Deklarasi Netralitas Pegawai ASN Pada Pemilu dan Pilkada Tahun 2024, dihadiri oleh seluruh ASN di Prov.Sumsel, Kabupaten/Kota sebanyak 180.751 orang yang terdiri dari, 1.ASN Prov.Sumsel sebanyak 20.086 orang, 2.ASN Kab/kota se-Sumsel sebanyak 159.642 orang, dan 3.Instansi Vertikal sebanyak 1023 orang.

Selanjutnya, dilaksanakan Pembacaan Ikrar oleh Bupati/Pejabat Wali Kota, FKPD, Sekretaris Daerah, Ketua KPU dan Bawaslu, Para Asisten, Para Kepala OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, dan seluruh ASN se-Sumatera Selatan yang hadir secara langsung maupun secara daring ikut mengucapkan Ikrar Netralitas dalam Pemilu dan Pilkada Tahun 2024.

Setelah pembacaan Ikrar Netralitas, dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Pakta Integritas oleh Bupati/Pejabat Walikota se-Sumatera Selatan atau yang mewakili.

Selanjutnya, dalam sambutan Pj Gubernur Sumatera Selatan, Dr. Agus Fatoni, M.Si., menyampaikan bahwa hari ini adalah pelaksanaan Deklarasi Netralitas Pegawai ASN serentak se-Provinsi pertama di Indonesia, dan Prov.Sumsel juga telah mempelopori penandatanganan NPHD se-Provinsi Sumsel.

"Saya berterima kasih kepada Para Bupati/Pejabat Walikota, Sekda, dan seluruh ASN yang hari ini telah berkomitmen bersama-sama mendeklarasikan dan netralitas ASN dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024," ujarnya.

Pj Gubernur Sumsel juga mengatakan bahwa Provinsi Sumsel mempunyai tekad untuk menjadi Provinsi percontohan pada Pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 di Indonesia, dan tetap mempertahankan predikat Zero Conflict. "Sudah menjadi kewajiban kita sebagai ASN untuk tetap netral dalam pelaksanaan pemilu dan pilkada untuk tetap memiliki jiwa profesional sehingga pelaksanaan pemilu dan pilkada nanti bisa berjalan dengan lancar dan aman walaupun kita semua mempunyai hak pilih," ungkapnya.

Ditutup, Pj Gubernur Sumatera Selatan berharap dengan adanya ikrar yang diucapkan bersama ini, diharapkan dapat membangun dan memperkuat komitmen dalam menjaga netralitas ASN di Provinsi Sumatera Selatan.(Deki zulpani)

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini