Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Kata Bijak Wartawan

| Editor: Margo Utomo | 18 January 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:18:06Z

Banyak yang tidak mengetahui Peran besar jurnalis dalam pembangunan suatu bangsa, tanpa adanya jurnalis maka masyarakat tidak akan mendapatkan informasi yang kredibel dan up to date.


Seorang wartawan sejati akan rela berkorban untuk mendapatkan berita terbaik, karena ini adalah nafas seorang wartawan maka dia akan bekerja dengan maksimal dan bersungguh-sungguh.


Seorang wartawan harus memiliki kecerdasan dalam menganalisis setiap berita yang dihasilkan, di mana berita yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat dan manaberita sampah yang harus dibuang.


Apa yang menjadi starterpack nya seorang wartawan? Tentu saja kamu harus memakai kartu identitas, perekam suara, video recorder, jaket pelindung, topi dan tas pinggang untuk menaruh perlengkapan lain.


Kemampuan menulis dan menghasilkan berita harus benar-benar relevan dengan fakta yang ada di lapangan, menjadi tanggung jawab wartawan dalam hal kebenaran dan ke-valid-an data yang dia dapatkan.


Jangan pernah mengeluh tentang pekerjaan menjadi seorang wartawan saat ini, Karena tanpa kalian masyarakat Indonesia akan dibodohi dengan berbagai isu yang tidak jelas.


Berpikirlah dua kali sebelum menerbitkan suatu berita, kamu punya tanggung jawab besar terhadap hal yang diberitakan termasuk reaksi masyarakat terhadap konten di dalamnya.


Jangan mencari sesuatu berdasarkan hal yang lagi viral saja, akan tetapi mulailah untuk menjadi seorang wartawan yang memiliki ciri khas dengan menghasilkan berita eksklusif yang tidak dimiliki oleh wartawan lainnya.


Seorang wartawan tidak boleh untuk berbohong apalagi sampai menghasilkan berita bohong. Mereka punya tanggung jawab besar terhadap setiap berita yang dihasilkan untuk dikonsumsi oleh masyarakat luas.


Jadilah seorang wartawan dengan prinsip jurnalisme tinggi, jangan mudah terpengaruh terhadap materi dan kekuasaan yang akan membuat paham jurnalisme mu semakin rusak.


Berkorbanlah untuk orang-orang tercinta, seperti halnya wartawan yang berkorban untuk keluarga demi meliput berita.


Kalau kamu dipilihkan hendak menjadi seperti apa, maka wartawan bisa dijadikan sebagai rule modelnya, betapa konsistensi dan semangat berjuang dalam meliput berita yang tiada tara.


Kekuatan terbesar seorang wartawan adalah terletak pada hati nuraninya. Apakah dia benar-benar rela untuk menerbitkan berita yang bisa merusak, atau justru melawan dengan menjadi wartawan yang profesional.


Menjadi seorang jurnalis bukanlah hal yang mudah kerena dibutuhkan passion yang hebat dalam hal kesungguhan menggali informasi.


Ketika seorang jurnalis sudah turun lapangan maka di situlah dia berjuang dengan segenap upaya untuk mendapatkan informasi yang berharga di tengah masyarakat.


Perjuangan seorang jurnalis akan terasa sangat berat ketika menghadapi perlawanan dari masyarakat itu sendiri, sehingga sangat penting untuk mengambil hati informan sehingga proses pengambilan data berlangsung dengan menyenangkan.


Jangan menyerah untuk menjadi seorang jurnalis yang jujur dan amanah. Hilangkan berita setingan dan framing yang bisa menghancurkan nilai-nilai fundamental jurnalistik.


Seorang jurnalis yang pernah menyebarkan berita hoax tidak layak disebut sebagai jurnalis profesional, karena sudah memberikan berita bohong yang bisa menyesatkan publik.


Walaupun seorang jurnalis bukanlah profesi yang bisa membuatmu kaya dalam waktu instan, tetapi profesi inilah yang berkontribusi besar dalam kemajuan demokrasi suatu negara.


Mengkritik lah dengan membangun menggunakan solusi Bukan semata karena sensi. Lakukan hal terbaik sebagai jurnalis untuk membangun negeri ini menjadi negeri yang demokratis.


Seorang jurnalis harus berlaku independen dan terbebas dari belenggu cengkraman kekuasaan baik itu yang berasal dari pemerintah ataupun swasta.


Sebagai seorang jurnalis maka kamu telah bertanggung jawab dalam menghasilkan informasi yang valid dan apa adanya sesuai dengan yang diberikan oleh informan atau sumber informasi.


Banyak orang yang menganggap bahwa seorang jurnalis adalah pekerjaan yang mudah dan menyenangkan, tetapi mereka lupa dengan perjuangan kami yang turun sampai ke pelosok demi mendapatkan seonggok informasi. (BRP)


Penulis: Sekber Aseng/Amai Versa, Pemerhati KATARI, Aktivis K3LH, Mantan Safety Officer K3LH Mining Coal, tinggal di Murung Raya.

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini