Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Musrenbang Rangkum Rencana Pembangunan Prioritas 2025

| Editor: Margo Utomo | 30 January 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:17:58Z

 

NEWJURNALIS.COM - MURUNG RAYA – Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) bertujuan untuk melakukan sinkronisasi dan harmonisasi usulan yang akan selaras dengan tema tahun 2025 yaitu “Perluasan akses layanan dasar masyarakat untuk peningkatan kualitas sumber daya masyarakat dan peningkatan manajemen pemerintahan” serta prioritas pembangunan daerah tahun 2025.


Pj Murung Raya (Mura) Dr Hermon Msi mengatakan prioritas pembangunan daerah tahun 2025 yakni perluasan pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pemerataan kualitas tenaga pendidikan dan kesehatan, serta pengembangan sistem perizinan dan penanaman modal.


Kemudian penguatan reformasi birokrasi dengan tata kelola berbasis kinerja dan IT,Integrasi arah pembangunan pusat dan pemerintah daerah, penguatan ekosistem pelaku usaha lokal dan penguatan jaring pengaman sosial.


“Forum Musrenbang ini mempunyai makna yang penting dan strategis dalam mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan daerah dari tingkat bawah, dengan memprioritaskan penggalian dan penajaman substansi prioritas pembangunan berbasis perdesaan yang selaras, dengan tujuan pembangunan daerah pada perencanaan tahun 2025,” terang Hermon dalam Musrembang di Kecamatan Seribu Rian, Selasa (30/1/2024).


Menurutnya, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Murung Raya tahun 2008-2028 mengamanatkan pembangunan prioritas pada wilayah perdesaan dan kelurahan dengan visi “Kabupaten Murung Raya yang maju, mandiri dan sejahtera”


Penetapan skala prioritas pembangunan daerah seperti telah menjadi hasil musrenbang, kata dia, bukan berarti kita mengesampingkan sektor-sektor yang lain. “Hal ini semata-mata untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, sekaligus sebagai aksi strategis penanggulangan kemiskinan, kebodohan dan keterisolasian sebagai wujud pelaksanaan visi, misi, dan program kerja pemerintah Kabupaten Murung Raya menuju Murung Raya Emas tahun 2030,” imbuhnya.


Pada Forum Musrenbang ini, Hermon mengharapkan partisipasi aktif semua pihak untuk menyusun dan menetapkan program dan kegiatan perencanaan pembangunan sesuai dengan skala prioritas dengan mempertimbangkan segi waktu pelaksanaan, lokasi, anggaran yang tersedia dan kelanjutan program kegiatan pembangunan. (Fahriadi)

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini