Notification

×

Indeks Berita

BPBD Provinsi Lampung Himbau Masyarakat Agar Siaga Bencana Banjir

| Editor: Margo Utomo | 07 March 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:17:38Z

NEWJURNALIS | Pemda Provinsi Lampung melalu Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Provinsi Lampung yang dipimpin oleh Rudy Sjawal Sugiarto, SE, MH mengimbau untuk Siaga Banjir Provinsi Lampung.

Himbauan tersebut memperkuat apa dicanangkan oleh Gubernur Provinsi Lampung untuk Kabupaten Kota di provinsi Lampung dalam rangka menghadapi curah hujan yg intensitas cukup tinggi akhir akhir ini.

Sehubungan dengan rilis BMKG tentang potensi curah hujan lebat yang berpotensi terjadi khususnya pada periode dasarian I & II (Tanggal 1 sd. 20) bulan Maret 2024, dimana potensi bencana banjir akan meningkat pada periode tersebut, maka BPBD Lampung melaksanakan beberapa hal sebagai berikut:

1. Menghimbau kepada Pemerintah Kabupaten/Kota melalui BPBD kabupaten/kota untuk menyiapkan Siaga Darurat Bencana Banjir di daerahnya; menyiapkan jalur evakuasi dan titik kumpul bagi pengungsi ataupun korban, khususnya kepada kabupaten/kota yang memiliki daerah-daeah langganan banjir; serta menyiapkan personil, peralatan, dan perlengkapan yang mendukung proses evakuasi dan SAR bagi warga/korban.

2. Memantau peringatan dini cuaca, serta menghimbau masyarakat untuk mewaspadai perkembangan cuaca melalui saluran informasi yang terpercaya seperti BMKG, BPBD, dan lainya.




3. Menyiapkan personil, peralatan dan perlengkapan darurat seperti tenda pengungsi, mobil dapur lapangan, mobil tanki air, perahu karet, pompa air, truk serbaguna, dll.

4. Berkoordinasi dengan BNPB terkait dengan pemantauan kejadian dan potensi permintaan bantuan logistik dan peralatan tambahan dari BNPB.

Jurnalis : Teny

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini