Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila di Balikpapan

| Editor: Margo Utomo | 12 August 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:20:10Z

NEW JURNALIS, Balikpapan - Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menggelar Sosialisasi Pembinaan Pancasila di Auditorium Pemkot, Jumat (11/8/2023)

Hadir dalam acara tersebut  Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Dr. K.H., Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D,  Komunikasi, dan Jaringan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Bpk Ir. Prakoso, M.M., Sekda  Muhaimin S.T., M.T, Forkopimda dan Perwakilan Pemerintah Kota (Pemkot).

Prof Yudian menyampaikan, Pancasila sebagai dasar negara, sebagai falsafah juga sebagai penuntun. Kemana negara ini akan dituju. Maka temanya Pancasila sebagai penguat hari ini di Balikpapan.

Untuk menjaga kita mengambil langkah berlapis lapis. Yang paling pertama adalah kita menjadikan mata pelajaran Pancasila menjadi mata pelajaran khusus kembali seperti semula.Yang dimulai semester ini. "Nanti akan ada peluncuran di Jakarta, dan ada buku untuk TK ,SD, SMP, SLTA. Disitu kita melalui pendekatan,kalau dulu ada PKN jadi ini yang utama," jelasnya.

Lanjutnya, ia menyampaikan dari pertama itu 70% itu lebih ke penerapan penghayatan, nanti disinilah kreativitas guru pada siswa itu di kembangkan.Yang 30% lebih kepada teori. Siapa penggali Pancasila kapan sidangnya itu yang kesatu.

Yang kedua kita mengambil apresiasi hikmah Pancasila. Kita juga bekerjasama salah satunya melalui paskibraka. "Paskibraka itu bagian dari kami remaja remaja ini menjadi tokoh yang di lapangan sebagai teman sebayanya, supaya mereka nanti memperkuat Pancasila dan kemudian ada juga kerjasama dengan Pemerintah," pungkasnya.

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini