Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Pengukuhan Pengurus MATRA ( Masyarakat Adat Nusantara) di Pasuruan, Rumah Djoglo Kedjajan

| Editor: Margo Utomo | 17 September 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:19:38Z

Poto Bersama Keluarga besar MATRA ( Masyarakat Adat Nusantara )

NEW JURNALIS - Pasuruan, 17 September 2023 - Masyarakat Adat Nusantara (MATRA) Pasuruan mengadakan acara pengukuhan pengurus yang baru di Djoglo Kedjajan pada hari ini. Acara yang berlangsung merupakan langkah penting dalam pengukuhan di Kota dan Kab Pasuruan.


Pengurus MATRA Pasuruan yang baru terpilih melalui proses pemilihan Masa bakti kepengurusan Matra kota/ kabupaten Pasuruan periode 2023-2028. Dan melibatkan para pengurus baru yang terpilih ini dalam tugasnya untuk melestarikan, mengembangkan di Kota dan Kab Pasuruan.


Tanda tangan pengukuhan, pengesahan MATRA KOTA DAN KAB. PASURUAN 

"Selain melestarikan adat serta budaya kita, juga mohon mencoba memberikan pelajaran membaca dan menulis aksara jawa pada lingkungan dan sekolah," Ujar Abie.


Yang telah selesai terpilihnya sebagai Ketua Pengurus MATRA Pasuruan yang baru, Berbicara tentang visi dan misinya untuk masa jabatan ke depan. Beliau mengungkapkan komitmen untuk sebagai ketua sekaligue seluruh anggota MATRA Kota, Kab Pasuruan demi mengangkat derajat Adat budaya, seni tari tradisional di wilayah ini.


Penyerahan patala MATRA

Rumah Djoglo Kedjajan, sebagai tuan rumah memberikan dukungan penuh dalam pengukuhan pengurus MATRA Kota, Kab Pasuruan. Dalam kesempatan mereka juga menampilkan pertunjukan tari tradisional yang memukau yang disambut meriah oleh para tamu undangan.


Poto bersama Ketua dan wakil MATRA Kota dan Kab Pasuruan Serta DPW MATRA JATIM selesai pemotongan Tumpeng 

"Mari silahkan putra-putrinya belajar bahasa asing di tempat kami Kampung Inggris, Pare Kediri.


Selanjutnya para pengurus selesai pengukuhan pengurus langsung melakukan prosesi ritual pencucian tangan dengan bunga setaman di hadapan sesaji yang sudah di do'akan " filosinya ketika kedua tangan setelah di cuci semua bergeraklah dalam pelestarian adat, seni dan tradisi sebagai rangkaian budaya Adat Nusantara" 


melakukan prosesi ritual pencucian tangan dengan bunga setaman di hadapan sesaji yang sudah di do'akan 

"Pengukuhan Pengurus MATRA Kota, Kab. Pasuruan di Rumah Djoglo Kedjajan menjadi tonggak penting dalam upaya melestarikan warisan budaya dan seni tradisional Jawa Timur. Semua pihak diundang untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan MATRA Pasuruan". Ungkapan DPC AKJII Mojokerto 



No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini