Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Penyebab Kerusakan Ekosistem di Kawasan Hutan Lindung - Dinas Kehutanan Provinsi Jatim

| Editor: Margo Utomo | 29 September 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:19:26Z

NEW JURNALIS - Mojokerto, Kamis 27 September 2023 New Jurnalis Hutan lindung atau pun hutan produktif adalah salah satu area yang harus dijaga , dilestarikan dan dilindungi keberadaannya. Karena bila terjadi kerusakan baik karena ulah manusia ataupun karena bencana alam maka akan berpengaruh pada ekosistem.

Salah satu yang menjadi penyebab kerusakan ekosistem di kawasan hutan lindung adalah dengan adanya kegiatan offroads mobil dan semacamnya karena yang dicari dan dilewati adalah jalur dan medan yang ekstrem, dan medan ekstrem itu adanya lebih banyak di kawasan hutan lindung atau hutan produktif. 


Hal itu memunculkan keprihatinan tersendiri karena banyak tanaman penghijauan yang baru tumbuh rusak karena digunakan sebagai jalur offroads mobil atau motor. Benar benar membuat kami prihatin" ujar Bapak Pancadani Okto Y Koordinator Penyuluh Kehutanan Wilayah Kerja Mojokerto Kantor CDK Wilayah Nganjuk Dinas Kehutanan Propinsi Jawa Timur.

Bukan berarti melarang off road tapi seyogyanya mencari jalur dan medan yang tidak merusak alam dan lingkungan. Contohnya bila jalur kawasan hutan yang dijadikan jalur off road itu diadakan di musim hujan maka di tanah cekung itu berisi air yang keruh berlumpur ini sangat berbahaya dan rawan retak di musim kemarau yang bisa menimbulkan lonsor bila letak tanah cekung ini posisinya dipinggir tebing" imbuh Bapak Dani mengakhiri obrolan kami.
Lestarikan kawasan hutan agar terjaga ekosistem di bumi tercinta ini. Kesadaran dan keperdulian masyarakat ikut handarbeni sangat diperlukan dalam ini.

( Endah Koeswantoro)


No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini