Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Sampah Telah Memberikan Dampak Serius Terhadap Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat

| Editor: Margo Utomo | 20 September 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:19:37Z


NEW JURNALIS, Muaradua,Oku selatan, 18 Juni 2023 – Penanganan masalah sampah menjadi salah satu isu krusial yang mengancam keberlanjutan lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Dampak negatif dari penumpukan sampah yang tidak terkendali mestinya menjadi perhatian serius bagi masyarakat dan pemerintah. Perlu adanya upaya kolektif untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh sampah ini

Dalam beberapa bulan terakhir, peningkatan jumlah sampah yang menumpuk menjadi ancaman bagi masyarakat khusus nya pedagang dan pembeli di pasar saka selabung muaradua.

Akibat sampah para pedagang dan masyarakat yang membuang sampah di sekitaran pasar saka selabung muaradua ini sering menimbulkan bau tidak sedap dan jalan tertutup akibat sampah setiap hari nya. -ujar 𝙢𝙖𝙨  𝙪𝙟𝙖𝙣𝙜.



Dampak sampah juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia. Pembakaran sampah yang tidak terkontrol menghasilkan emisi berbahaya yang mencemari udara yang kita hirup setiap hari.

Zat beracun yang terkandung dalam sampah dapat mengakibatkan gangguan pernapasan, iritasi kulit, dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, air yang terkontaminasi oleh sampah juga menyebabkan penyebaran penyakit dan infeksi.

Dampak sosial dan ekonomi dari sampah juga tidak bisa diabaikan. Pemandangan sampah yang menjijikkan di sekitar pemukiman penduduk atau daerah wisata merusak citra suatu tempat dan mengganggu kenyamanan masyarakat.

Selain itu, biaya pengelolaan sampah yang terus meningkat menjadi beban bagi pemerintah dan masyarakat.

Untuk mengatasi dampak negatif dari sampah, langkah-langkah konkret perlu dilakukan.

Diperlukan peningkatan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah yang baik, termasuk praktik daur ulang, pengurangan sampah, dan pemilihan produk ramah lingkungan.

Pemerintah juga harus menerapkan kebijakan yang mendukung pengelolaan sampah yang efektif dan memberikan insentif kepada masyarakat yang aktif dalam pengurangan sampah.

Kesadaran dan aksi bersama akan menjadi kunci dalam menghadapi tantangan yang dihadirkan oleh masalah sampah ini.

Melalui upaya kolaboratif, kita dapat melindungi lingkungan, menjaga kesehatan masyarakat, dan mewujudkan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.


Deki zulpani 20 September 2023

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini