Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Mbolang ke Goa Anggas Wesi bersama Singaliar. Sabtu 29 September 2023.

| Editor: Margo Utomo | 01 October 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:19:25Z


NEW JURNALIS - Goa Anggas Wesi dapat dicapai jalan kaki selama sekitar 20 menit dari rumah warga yang hanya 4 rumah warga ditepi hutan tempat menitipkan kendaraan rombongan Singaliar, yang akan menempuh jalan setapak ditengah hutan jati yang nampak merangas di akhir musim kemarau saat ini.


Goa yang lahannya seluas 0,1 H ini terletak diarea KPH Jombang BKPH Jabung RPH Sumber Rejo tidak begitu sulit untuk dicapai karena sudah terkenal sejak dahulu kala menjadi tempat bersemedi para leluhur. 


Dan dikisahkan dari tutur tinular bahwa pada cerita wayang Gagrak Trowulan, Goa Anggas Wesi adalah tempat dimana Dewa Wisnu dipenjarakan dalam cerita episode tertentu. Maka tidaklah heran bila Goa Anggas Wesi adalah tempat yang dikeramatkan  yang kesakralannya masih terjaga hingga saat ini oleh para pelaku supranatural dalam menjalani proses spiritualnya.



Meski patung yang saat ini berada didalam Goa itu adalah patung baru yang diperuntukkan sebagai simbol bahkan masih terasa kesakralan dan tuah keramat kekuatan Dewa Wisnu disana.


Namun semua kembali kepada kepercayaan dan sudut pandang masing masing dan faktanya masih banyak para pelaku spiritual datang melakukan semedi ditempat ini.Goa yang tidak begitu luas itu paling tidak masyarakat pecinta alam masih banyak pula yang mengunjungi sebagai tempat wisata alam yang menarik karena pemandangan alamnya. 


Kelestarian situs peninggalan leluhur sangat penting untuk dijaga karena mengandung nilai sejarah kearifan lokal" ujar bapak Hari Utomo atau lebih populer dipanggil Gus Githut Ketua Singaliar yang memimpin rombongannya mbolang pada siang hari ini.


( Endah Koeswantoro)

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini