Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Mojokerto 10 Oktober 2023, Mengenal sosok Pemilik Sanggar Rizky Budoyo Nusantara Kuncaraningrat.

| Editor: Margo Utomo | 10 October 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:19:11Z


NEW JURNALIS - Sanggar yang didirikan pada tahun 1978 oleh ibu Naniek Soediharjani di Surabaya itu masih menggunakan nama Rizky Group yang lebih dikenal sebagai Group Tari Balet. Saat itu bu Naniek atau yang lebih dikenal dengan panggilan bu Bambang Wiratsongko masih bekerja sama dengan ibunda artis Ita Purnamasari. Namun pada perkembangannya nama Rizky Group dirubah menjadi Sanggar Rizky Budoyo Nusantara Kuncaraningrat pada tahun 1980. Bukan hanya sebagai Group senam Balet tetapi berkembang menjadi Sanggar Tari Tradisional,Tari Kreasi dan Modelling.


Rino nama panggilan pemilik nama lengkap Rizky Niswarini Utami yang juga sahabat Artis dan musisi Maya Estianti yang saat itu juga belajar menari di Sanggar Rizky ketika masih sekolah di Surabaya. Rino adalah lulusan Institut Kesenian Jakarta ( IKJ). Yang pada saat menjadi mahasiswi disana Rizky pernah menjadi Penata Tari Muda terbaik se DKI dengan menggelar Tari Haniswara, bahkan sempat ditawari untuk menjadi pengajar di kampus IKJ, namun Rino memilih untuk pulang kampung ke Sidoarjo Jatim.



Membangun prestasinya kembali di Jawa Timur , di tahun 2010 Rino menggelar acara Pesona Batik Nusantara di Royal Plaza Surabaya, dengan menampilkan anak anak Sanggar Rizky yang dipimpinnya. Modelling, Tari Ning, Tari Lembayung Kenjeran, Tari Pesta Panen yang disuguhkan pada acara tersebut.
Dan masih di tahun yang sama bekerjasama dengan Kebun Binatang Surabaya , Rino mengadakan pelajaran Eksplorasi Binatang yang diikuti sekitar 112 anak anak dari Sanggar asuhannya dan SD Maryam, SMP Maryam dan SMAN 2 Surabaya.



Belajar Tari Tradional mengajarkan dan membentuk karakter kita mengenal sopan santun, budi pekerti dan rasa cinta budaya adiluhung Bangsa kita sendiri": ujar Rizky atau panggilan akrabnya Rino, pemilik Sanggar Rizky Budaya Nusantara Kuncaraningrat yang sekarang tinggal di markas Sanggar pusat jalan Cipinang Muara 88 Jakarta Timur.
( Endah Koeswantoro)

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini