Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Orang Mongol Salah Satu Bangsa Penakluk Hebat Yang dikenal dalam Sejarah Nusantara.

| Editor: Margo Utomo | 15 October 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:19:07Z
Patung Gajah Mada dan relief sejarah Majapahit yang ditempatkan di Tugu Monas, Jakarta, menjadi sumber ke- banggaan nasional Indonesia akan kebesarannya di masa lalu.


NEW JURNALIS - Orang Mongolmungkin adalah salah satu bangsa penakluk hebat yang dikenal dalam sejarah. Ketika mereka memperluas kekuasaannya, ada banyak kemaharajaan yang dihancurkan dan dinasti penguasa yang dijungkalkan. Namun, tidak banyak orang mengenal ekspedisi militer Mongol ke Jawa yang dilakukan oleh Kublai Khan, pendiri dinasti Yuan di China. 


Ekspedisi yang ber- akhir dengan kekalahan orang Mongol ini kemudian menyebabkan kemunculan Kerajaan Majapahit, kekuatan besar terakhir Hindu-Buddha di kepulauan Nusantara pada abad ke-14.


Berdiri antara tahun 1293 hingga sekitar 1527, kerajaan yang berpusat di Jawa Timur ini mencapai puncak kejayaannya di bawah pemerintahan Prabu Hayam Wuruk, yang memperluas wilayah kerajaannya di kepulauan Nusantara dan daratan Asia Tenggara. Keberhasilannya tersebut dicapai lewat bantuan mahapatihnya, Gajah Mada. 



Gapuro Bajang Ratu, salah satu ciri utama Situs Trowulan, yang dianggap sebagai situs ibu kota Majapahit


Menurut Nagarakretagama (Desawarñana) yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365, Kemaharajaan Majapahit memiliki sembilan puluh delapan kerajaan bawahan, yang membentang dari Sumatra di sebelah barat hingga Papua di sebelah timur, suatu wilayah luas yang kini meliputi Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei, Timor Timur, dan bagian selatan Filipina modern, kendati sifat sebenarnya dari penguasaan atas kawasan luas tersebut masih menjadi bahan perdebatan di antara para sejarawan modern.


Hikayat Majapahit berusaha memberikan dokumen- tasi secara objektif dan utuh mengenai kerajaan besar yang dalam historiografi nasional dianggap sebagai cikal bakal dari negara Indonesia modern. 


Sebuah laporan yang bukan hanya mencatat kisah para penguasa Majapahit tetapi juga kehidupan sehari-hari rakyatnya maupun hubungan kerajaan tersebut dengan dunia internasional pada zamannya. 


Sebuah catatan sejarah yang tidak hanya menuliskan kesohoran nama Majapahit tetapi juga borok-borok sejarahnya, mulai dari berdirinya hingga ke- runtuhan kerajaan tersebut.

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini