Notification

×

Indeks Berita

upacara HUT TNI Ke-78 di kepulauan kei di laksanakan terpusat di runway Lanud D. Dumatubun

| Editor: Margo Utomo | 05 October 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:19:22Z



Tual New jurnalis.com- upacara HUT TNI Ke-78 di kepulauan kei di laksanakan terpusat di runway Lanud D. Dumatubuno. Komandan Lanal Tual, Kolonel Laut (P) Guntur Alamsyah, CRMP selaku Inspektur Upacara, Sementara Komandan Upacara (Danup) yakni Mayor Pas Dewantoro yang sehari hari menjabat Kadisops Lanud D. Dumatubun,Kamis (5/10/2023).


Hadir pula dalam upacara dimaksud yakni Bupati Maluku Tenggara (Malra) M. Thaher Hanubun, Walikota Tual Adam Rahayaan, Ketua DPRD Kota Tual Hasan Sarifudin Borut, Danlanud Dumatubun Letkol Pas M. Junaidi, S.H, Dandim 1503 Tual Letkol Inf Kadek Muliarsa, Prasetya Kapolres Malra AKBP Frans Duma, Kapolres Tual AKBP AKBP Prayuda Widiatmoko, S.I.K., Kepala Kejaksaan Negeri Tual Sigit Waseso, SH. MH, Ketua Pengadilan Negeri Tual Rosyadi, SH.MH, serta Komandan Pasukan Brimob Yon C Pelopor.


Danlanal Tual Guntur Alamsyah, CRMP, membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono SE.MM. Dikatakannya, bahwa Panglima TNI mengapresiasi seluruh prajurit TNI yang telah menjalankan amanahnya dengan baik sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir NKRI selama 78 tahun dari berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa serta tumpah darah.


“TNI akan bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi (Pemilu 2024) agar berjalan dengan aman, damai, dan sejuk untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju, dan sejahtera,” ujarnya.


Lanjutnya, itu karena agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan.


Panglima TNI minta agar para prajuritnya lebih peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa, dimana saat ini dan ke depan spektrum ancaman akan semakin kompleks yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi pertahanan yang relevan.


Apalagi TNI masih terus melakukan upaya modernisasi alutsista sesuai dengan kemampuan negara. Untuk itu TNI berupaya melakukan adopsi, inovasi, dan rekayasa teknologi mutakhir, serta memberdayakan kemandirian industri pertahanan dalam negeri guna tercapainya postur TNI yang diharapkan.



“Selain itu dengan penguatan budaya strategis, yaitu prajurit TNI harus terus manunggal dengan rakyat untuk menguatkan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (total defence system), termasuk melibatkan seluruh sumber daya nasional,” sambungnya Guntur Alamsyah, CRMP


Panglima TNI berpesan agar, pertama terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan sebagai landasan mental setiap pelaksanaan tugas. Kedua, memegang teguh sapta marga, sumpah prajurit, dan delapan wajib TNI, serta menjaga kemanunggalan dan kepercayaan rakyat.


Ketiga, terus berkomitmen netral dalam pesta demokrasi. Keempat, terus menjalin komunikasi, kerjasama, dan sinergi dengan Polri, kementrian/lembaga, komponen bangsa lainnya.


“Kelima adalah menjaga nama baik TNI, itu karena tindakan sekecil apapun akan berdampak pada institusi TNI secara umum,” imbuhnya. 


Dalam kesepakatan itu di bacakan pemenang lomba mancing dan Menembak 


1) Juara I : Polres Malra

2) Juara II : Kodim 1503/Tual

3) Juara III : PSDKP Tual


kejuaraan menembak dalam Rangka HUT TNI KE 78 di Lanud D. Dumatubun


*Kategori Senapan TNI/POLRI Kelompok*.

1. Juara 1 Kompi 734

2. Juara 2 Lanud

3. Juara 3 Kodim 1503


*Kategori Pistol TNI/POLRI Kelompok*.

1. Juara 1 Lanud

2. Juara 2 Kompi 734

3. Juara 3 Lanal


*Kategori Pistol Sipil Perorangan*.

1. Juara 1 Robert

2. Juara 2 H Enjong

3. Juara 3 Rimba


*Kategori Open*.

1. Juara 1 Kasatreskrim Tual


2. Juara 2 H Enjong

3. Juara 3 Danki Brimob


#TNI Manunggal Rakyat

#HUT TNI Ke 78

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini