Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Indeks Berita

Ketum Pwdpi Sering Melanggar ADRT Namun Tak Mau di Kritik Seorang Jurnalis

| Editor: Margo Utomo | 09 November 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:18:52Z

NEWJURNALIS.COM - 9 Nov 2023, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWDPI) menghadapi sorotan tajam dari berbagai pihak setelah serangkaian insiden di mana dirinya diduga melanggar Aturan Dasar Rumah Tangga Jurnalistik (ADRT). Meskipun beberapa jurnalis telah mencoba memberikan kritik konstruktif, Ketua Umum PWDPI tampaknya enggan menerima masukan dari para jurnalis.

ADRT adalah pedoman etika dan standar dasar yang dirancang untuk memandu perilaku jurnalis selama proses peliputan. Namun, beberapa tindakan Ketua Umum PWDPI telah menuai kontroversi dalam hal ini. Beberapa jurnalis mengklaim bahwa ia terlalu sering menunjukkan ketidak pedulian terhadap prinsip-prinsip dasar organisasi pers yang bersifat independen, obyektif, dan tidak memihak.

Para jurnalis yang berani mengkritik Ketua Umum PWDPI telah mengungkapkan keprihatinan mereka tentang dampak negatif yang dapat timbul dari perilaku tersebut, terutama dalam hal menjaga kredibilitas profesi jurnalistik. Mereka menekankan pentingnya menerima masukan dan menjalankan sebagai organisasi pers dengan integritas.

Meskipun banyak jurnalis berharap agar Ketua Umum PWDPI membuka diri terhadap kritik dan berusaha untuk memperbaiki praktiknya,adat dan budaya hingga saat ini belum ada tindakan yang jelas dilakukan. Kasus ini terus menjadi topik pembicaraan di kalangan jurnalis dan pemangku kepentingan media di Indonesia, menciptakan tantangan terkait etika dan integritas dalam dunia jurnalistik.

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini