Notification

×

Indeks Berita

Kirab Budaya Buka Festival Pekan Budaya Majapahit 2023 di Kota Mojokerto

| Editor: Margo Utomo | 10 November 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:18:50Z
Sambutan Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari

NEWJURNALIS.COM - Mojokerto, 10 November 2023,Pekan Budaya Majapahit 2023 resmi dibuka dengan megah,pada hari jum'at. Pekan Budaya Majapahit 2023 diselenggarakan mulai 10 - 16 November 2023 di Lapangan Raden Wijaya, Kota Mojokerto. Festival ini mengugulkan beragam jenis kebudayaan dan kesenian. Festival ini dibuka dengan kirab budaya Majapahit, diikuti sekitar 400 peserta dari Kota/ Kabupaten Mojokerto.


Kirab Budaya, yang menjadi atraksi pembuka festival, menunjukkan keanekaragaman seni dan tradisi dari berbagai daerah. Para peserta kirab mengenakan busana adat dengan hiasan Majapahit, sementara kendaraan hias dan atraksi seni tradisional ikut memeriahkan jalannya parade star dari lapangan sirodinawan finis alun - alun mojokerto.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Kadisbudpar Jatim)


Acara ini menampilkan ragam pertunjukan seperti ludruk semar mesem, tetrikal panji, seni ujung, wayang milenial, Bantengan Majapahit, wayang beber, wayang krucil, festival nasi bakar, dan kirab budaya," ucapnya saat menghadiri kirab budaya Majapahit, Jum'at (10/11/2023).


Kemeriahan Pekan Budaya Majapahit 2023 Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Kadisbudpar Jatim) Edy Suprianto menjelaskan, "kebudayaan memiliki peran penting dalam memperkuat nilai-nilai budaya masyarakat. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan rasa bangga atas kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia, khususnya yang berkaitan dengan periode kejayaan Majapahit".


Kirab budaya Majapahit yang penyerahan pataka ( Ketua Adat Mulyono,Gus nono, Peno ) di alun - alun mojokerto.


Selain itu ia juga mengatakan bahwa sebagai warga Jawa Timur atau Mojokerto memiliki tugas untuk menjaga kesatuan dan bangsa maka dari itu pelaksanaan itu dengan melibatkan Masyarakat dari berbagai latar belakang yang berbeda.


Sementara itu, Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, "mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan Kota Mojokerto menjadi lokasi penyelenggaraan Pekan Budaya Majapahit 2023 dalam rangka Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur, bertepatan dengan Hari Pahlawan pada tanggal 10 November".


Kirab budaya Majapahit yang diberangkatkan dari lapangan Raden Wijaya atau Surodinawan.


Tema utama dipilih Pekan Budaya Majapahit 2023 di Kota Mojokerto karena kejayaannya telah mendunia pada masa itu. Antara tahun 1293 hingga 1478 M, Majapahit memimpin di Asia dan Jawa Timur merupakan pusat kekuasaannya, terutama di Mojokerto. Kebesaran Majapahit ini banyak dibuktikan dengan banyaknya situs peninggalan Kerajaan Majapahit di Mojokerto yang di antaranya, Candi Brahu, Bajang Ratu, Wringin Lawang, dan Kolam Segaran," Tambahan


"Semangat nasionalisme kepahlawanan akan menguat di kota Mojokerto bumi Majapahit ini. Kami sangat berterimakasih untuk pertama kalinya pekan budaya Majapahit diletakkan di Kota Mojokerto, semoga selanjutnya dan seterusnya event pekan budaya Majapahit akan menjadi event tahunan yang diselenggarakan di Kota Mojokerto," ungkapnya.


Acara ini turut dihadiri Disbudparpora Jawa Timur yang mewakili Gubernur Jawa Timur, Ketua DPRD Jawa Timur, Komandan Korem 082, Forkopimda Kota Mojokerto, serta 6 tokoh agama.


No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini