Notification

×

Indeks Berita

Jaranan Buto Lare Osing Tampil Perdana Memukau Penonton.

| Editor: Margo Utomo | 31 July 2024 | Last Updated 2024-03-23T12:20:29Z

NEWJURNALIS.COM - Balikpapan. Melestarikan budaya adalah salah satu tekad  orang orang perantauan, salah satunya yakni Jaranan Buto Lare Osing Seni kuda lumping dari Banyuwangi.
Yang tampil di Wonorejo Puncak RT 50  pada Minggu (30/07/2023).

Hadir Ketua Ikawangi H.Suyitno SH.MH bersama Sekretaris  Supandi, Ketua Jaranan Sritanjung IKAWANGI H.Bambang Hariyanto, Wakil Ketua Ikapakarti Leo Sukoco, Amir Ketua RT50 Wonorejo Puncak.
Dalam acara perdana ini menurut Ketua Sismidarto,"kita harus  tetap melestarikan budaya yang mana semua ini untuk tetap menguri uri  budaya dari tanah kelahiran yakni Banyuwangi.Banyak kesenian dari Banyuwangi antara lain Gandrung yang menjadi maskot Kota Banyuwangi,
dan sebagai warga Banyuwangi yang menjadi penduduk Balikpapan maka semua ini tetap dilestarikan di Balikpapan,"ujarnya.

"Jaranan Buto Lare Osing tampil di Bass Camp nya di Wonorejo Puncak RT 50 Kelurahan Gunung Samarinda Balikpapan Utara.Penonton sejak jam 13.00 siang sampai selesai tidak bergerak dari tempatnya meskipun terik matahari. Menandakan betapa rindu dan senangnya masyarakat Balikpapan dengan penampilan jaranan,"lanjut  Sismidarto.

Sementara salah satu penonton 
H.Martin mengatakan,"Saya sangat kagum dengan penampilan Jaranan Buto Lare Osing. Baru berdiri tetapi sudah sangat bagus begini ujar H.Martin kepada Suwito Wakil Ketua sambil menghabiskan hidangan," tutupnya. 

Jurnalis : Lilik
Editor     : Ahmad Zulfi

No comments:

×
KIRIM TULISAN? Disini